Seminggu ke Depan: Data PCE Akan Memainkan Peran Integral dalam Keputusan Suku Bunga Fed

May 27, 2024

Dow Jones dan S&P 500 keduanya mengakhiri tren kemenangan multi-minggu mereka, perubahan yang didorong oleh data ekonomi yang lebih panas dari yang diharapkan.

Ketahanan yang tak terduga dalam ekonomi ini telah mendorong banyak orang untuk menunda ekspektasi mereka tentang penurunan suku bunga Federal Reserve, menciptakan kewaspadaan yang lebih besar di sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga.

Sementara itu, Nasdaq diperkirakan akan memperpanjang tren kemenangannya, didukung oleh kinerja menonjol Nvidia. Laporan pendapatan Nvidia tanpa diragukan lagi merupakan sorotan, dengan saham melonjak 9,3%, yang mencerminkan kepercayaan investor yang kuat terhadap prospek masa depan perusahaan.

Apa yang Terjadi Minggu Lalu

Risalah Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengungkapkan beberapa anggota terbuka untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan. Sementara itu, Flash PMI Komposit AS untuk Mei melonjak ke 54,4, tertinggi sejak April 2022.

Data ini menunjukkan ekonomi yang tangguh, tetapi juga meningkatkan spektrum suku bunga tinggi yang berkepanjangan. Skenario ini biasanya memberikan tekanan ke bawah pada pasar ekuitas, terutama yang bergantung pada biaya pinjaman murah.

Pada tahun 2018, data ekonomi yang lebih kuat dari yang diharapkan menyebabkan serangkaian kenaikan suku bunga, yang awalnya menekan pasar sebelum pemulihan berikutnya ketika ekonomi beradaptasi.

ASX 200 menghentikan tren kemenangan empat minggu karena kekhawatiran tentang suku bunga tinggi yang berkepanjangan di AS. Ini kemungkinan akan berdampak pada harga komoditas dan sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga seperti konsumen diskresioner dan real estat. Pendekatan hati-hati disarankan di sini, dengan fokus pada sektor-sektor yang kurang terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga.

Keputusan Reserve Bank of New Zealand untuk mempertahankan Suku Bunga Tunai Resmi di 5,5% menunjukkan periode panjang suku bunga tinggi. Demikian pula, laporan inflasi Inggris, yang meredam harapan untuk penurunan suku bunga Bank of England, menunjukkan inflasi inti melambat menjadi 3,9% tahun-ke-tahun tetapi masih di atas ekspektasi.

Klaim pengangguran awal AS turun sebesar 8.000 menjadi 215.000, menunjukkan bahwa kenaikan minggu sebelumnya kemungkinan disebabkan oleh distorsi liburan. Ini memperkuat gagasan pasar tenaga kerja yang ketat, yang dapat menyebabkan tekanan upah yang berkelanjutan dan, akibatnya, inflasi yang lebih tinggi.

Kinerja Komoditas

Harga minyak mentah turun 3,3%, diperdagangkan pada $76,90 per barel, dipengaruhi oleh data ekonomi AS yang kuat dan ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi.

Emas juga turun sebesar 3,3% menjadi $2333, karena hasil AS yang lebih tinggi dan dolar yang lebih kuat menekan logam mulia.

Apa yang Harus Diperhatikan Minggu Depan

Australia:

  • Penjualan Ritel (Selasa, 28 Mei)
  • Indikator CPI Bulanan (Rabu, 29 Mei)
  • Pekerjaan Konstruksi Selesai Q1 (Rabu, 29 Mei)
  • Persetujuan Bangunan (Kamis, 30 Mei)
  • Kredit Perumahan (Jumat, 31 Mei)

Jepang:

  • Kepercayaan Konsumen (Rabu, 29 Mei)

China:

  • PMI Manufaktur NBS (Jumat, 31 Mei) PMI Manufaktur Caixin (Jumat, 31 Mei)

AS:

  • Kepercayaan Konsumen CB (Rabu, 29 Mei) Indeks Harga PCE Inti (Jumat, 31 Mei) Zona

Euro:

  • Inflasi (Jumat, 31 Mei)

Apa yang Harus Diperhatikan pada Minggu

Terakhir Bulan Mei Dengan Indikator CPI bulanan Australia yang keluar pada hari Rabu minggu ini, para pedagang dan analis sangat memperhatikan tanda-tanda tren inflasi yang mungkin mempengaruhi keputusan kebijakan moneter. Inflasi headline Q1 2024 Australia naik 3,6% tahun-ke-tahun, melebihi ekspektasi pasar sebesar 3,4%. Inflasi inti mean yang dipangkas juga meningkat sebesar 4% tahun-ke-tahun, melampaui perkiraan 3,8%.

Di Australia, Indikator CPI Bulanan memantau perubahan bulanan dalam harga “keranjang” barang dan jasa yang mewakili sebagian besar pengeluaran oleh kelompok populasi CPI.

CPI bulanan Maret naik 3,5% tahun-ke-tahun, kembali mengalahkan ekspektasi. Reserve Bank of Australia (RBA) telah mencatat bahwa meskipun inflasi mereda, laju disinflasi telah melambat. Perkiraan awal untuk April menunjukkan indikator CPI bulanan akan mereda menjadi 3,3% tahun-ke-tahun dari 3,5%. Data ini akan sangat penting dalam menentukan langkah selanjutnya RBA, karena inflasi yang terus-menerus dapat memerlukan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut.

Di Zona Euro, inflasi headline April tetap stabil pada 2,4% tahun-ke-tahun, sementara inflasi inti turun untuk bulan kesembilan berturut-turut menjadi 2,7%. Ekspektasi pasar adalah inflasi headline tetap pada 2,4% tahun-ke-tahun dan inflasi inti mereda menjadi 2,5%.

Dengan laporan inflasi untuk Zona Euro yang akan dirilis pada hari Jumat, 31 Mei, para pedagang sangat memantau angka-angka ini karena dapat sangat mempengaruhi keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB). Penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin oleh ECB hampir sepenuhnya diperhitungkan untuk Juni, tergantung pada tidak adanya kejutan inflasi. Laporan yang akan datang ini oleh karena itu akan menjadi kunci dalam membentuk sentimen pasar dan langkah selanjutnya ECB.

Inflasi headline PCE Maret AS meningkat menjadi 2,7% tahun-ke-tahun dari 2,5%, dengan inflasi inti stabil pada 2,8%. Ekspektasi pasar adalah inflasi headline PCE mereda menjadi 2,6% tahun-ke-tahun dan inflasi inti mereda menjadi 2,7. Akan dirilis bersamaan dengan laporan inflasi ECB pada hari Jumat, 31 Mei, data PCE terbaru akan penting untuk mengukur langkah-langkah selanjutnya Federal Reserve.

Federal Reserve, misalnya, telah menunjukkan kesediaan untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan, mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat. Laporan yang akan datang ini akan sangat penting dalam menentukan arah kebijakan moneter Fed.

Minggu ini, perusahaan yang melaporkan termasuk Salesforce, Kohls Corp, Costco Wholesale Corp, Nordstrom, Marvell Technology, dan Zscaler. Hasil pendapatan mereka akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang kinerja sektor spesifik dan tren pasar yang lebih luas.