Seminggu ke Depan: FOMC mempertahankan suku bunga meskipun inflasi mereda

June 11, 2024

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memilih untuk mempertahankan suku bunga dana federal pada pertemuannya pada 1 Mei, menandai pertemuan keenam berturut-turut tanpa perubahan.

Keputusan ini dipengaruhi oleh data inflasi sebelumnya dan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat, yang sejauh ini telah mencegah pelonggaran kebijakan.

Dalam beberapa bulan terakhir, lanskap ekonomi telah menunjukkan tanda-tanda moderasi. Inflasi Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (PCE), ukuran kunci yang diawasi oleh Fed, melambat menjadi tingkat tahunan 3,5% pada bulan April.

Penurunan ini menunjukkan bahwa tekanan inflasi sedang mereda, yang merupakan perkembangan positif bagi ekonomi. Pada saat yang sama, pasar tenaga kerja telah menunjukkan tanda-tanda penyeimbangan kembali. Pertumbuhan gaji pada bulan April adalah 175.000, turun dari rata-rata 269.000 pada kuartal pertama tahun ini.

Selain itu, indeks manufaktur dan jasa ISM mencatat pembacaan kontraksi pada bulan April, mencerminkan aktivitas ekonomi yang lebih lambat di sektor-sektor ini.

The Fed tetap berhati-hati

Meskipun perkembangan ini, Fed tetap berhati-hati. Pejabat Fed membutuhkan lebih banyak bukti kemajuan yang berkelanjutan dalam mengendalikan inflasi sebelum mereka mempertimbangkan untuk mengurangi kisaran target suku bunga dana federal.

Peserta pasar saat ini tidak mengharapkan perubahan suku bunga pada pertemuan Juni mendatang, meskipun ada potensi untuk pemotongan suku bunga pada kuartal keempat tahun ini. Laporan pekerjaan Mei, yang dijadwalkan akan dirilis pada 7 Juni, bisa menjadi faktor penentu dalam keputusan kebijakan di masa depan.

Dalam pertemuan mendatang, FOMC diharapkan untuk memperbarui Ringkasan Proyeksi Ekonomi (SEP). Grafik titik bulan Maret memproyeksikan ekspektasi median sebesar 75 basis poin (bps) pelonggaran pada akhir 2024.

Namun, mengingat data ekonomi terbaru, kami memperkirakan bahwa proyeksi median mungkin akan bergeser untuk menunjukkan 50 bps pelonggaran pada akhir tahun, meskipun mungkin hanya mengisyaratkan 25 bps pemotongan suku bunga pada tahun 2024.

Selain itu, suku bunga dana federal jangka panjang median, yang sedikit naik menjadi 2,56% pada bulan Maret, kemungkinan akan mengalami peningkatan moderat. Kami memperkirakan nilai median baru akan berada antara 2,625% dan 2,75%, mencerminkan pandangan terbaru tentang tingkat kebijakan netral.

Tidak ada perubahan PDB yang diharapkan pada bulan Juni

Perkiraan makroekonomi dalam SEP tidak diharapkan menunjukkan perubahan besar dalam proyeksi pertumbuhan PDB riil.

Namun, proyeksi median tingkat pengangguran untuk akhir tahun 2024 mungkin akan meningkat sebesar 0,1 hingga 0,2 poin persentase, dan proyeksi median tingkat inflasi PCE dan PCE inti untuk tahun ini kemungkinan akan meningkat sekitar 0,2 poin persentase masing-masing.

Pernyataan setelah pertemuan diperkirakan akan mencakup pembaruan untuk mencerminkan batas run-off yang lebih rendah untuk surat berharga Treasury dan mengakui data terbaru yang menunjukkan ancaman yang berkurang dari percepatan harga kembali. 

Meskipun demikian, pernyataan tersebut akan terus menggambarkan inflasi sebagai “tinggi,” yang menekankan kekhawatiran yang berkelanjutan.

Pertemuan Juni dan rilis data berikutnya, terutama laporan pekerjaan Mei, akan sangat penting dalam membentuk arah kebijakan Fed untuk sisa tahun ini.